Bincang Bincang Medis bersama Bali TV Sehat dan Bahagia Sepanjang Hari
November 10, 2015
Waspada Penyalahgunaan Antibiotika
November 11, 2015

Vegetarian yang Sehat

Pertanyaan :

Saya ingin meminta solusi, pelaku vegetarian yang menderita vertigo, karena dokter pun menyarankan memperbanyak makan daging agar tekanan darahnya naik. Kemudian keluarga pun menyalahkan laku vegetarian sebagai penyebab turunnya tekanan darah. Beberapa pelaku vegan kadang mengalami turunnya tekanan darah. Bahkan kalau mendadak bangun dari tidur, akan terasa pusing, mohon solusinya!
Pak Putu Adi

 

Jawaban :

Terima kasih Pak Adi atas pertanyaannya. Vertigo merupakan suatu sensasi di mana penderita merasa di lingkungan di sekitarnya berputar atau perasaan berputar di kepala. Vertigo lebih kepada suatu gejala dibandingkan suatu penyakit. Penyebab terbanyak vertigo adalah benign paroxymal positional vertigo (BPPV). Penyakit ini ditandai gejala pusing, mual, muntah, kehilangan keseimbangan tubuh, atau perasaan berputar/bergerak. Penyebab terbanyak BPPV antara lain masalah pada telinga, migrain atau malah idiopatik (belum diketahui). Gejala ini dapat datang dan pergi.

 

Vegetarian

Vegetarian dinyatakan sebagai salah satu bentuk diet tanpa mengonsumsi produk hewani dan turunannya dalam bentuk apa pun. Kata yang benar adalah diet vegan (bukan diet vegetarian). Ini lebih menggambarkan suatu gaya hidup sehat tanpa mengonsumsi, memproduksi, atau menggunakan (eksploitasi) produk hewani. Termasuk menghindari minuman beralkohol dan menghindari rokok.

Vegan dan Vertigo

Hingga kini belum ada penelitian yang menunjukkan diet vegan akan menyebabkan vertigo, baik secara langsung atau diet vegan akan memperparah vertigo. Hubungan yang terjadi lebih kepada mitos dan persepsi pribadi masing-masing pelaku vegan. Jadi layak dipertanyakan kembali apakah benar diet vegetarian yang Pak Adi lakukan memengaruhi vertigo? Jangan-jangan ada faktor pencetus lainnya. Seharusnya yang diselesaikan bukan gejala penyakitnya, namun sumber penyebabnya. Jika masalah pada telinga maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter THT (telinga hidung tenggorok).

 

Vegetarian dan Tekanan Darah

Penelitian di India oleh Shridhar, 2014 (The association between a vegetarian and cardiovascular disease risk factors in India: the Indian migration study) menunjukkan pelaku vegetarian memiliki risiko penyakit kardiovaskuler yang lebih rendah dibandingkan non-vegetarian. Tekanan darah pelaku diet vegetarian cenderung lebih rendah (bukan tekanan darah rendah) jika dibandingkan pelaku diet non-vegetarian. Selain itu pelaku diet vegetarian di India memiliki kecenderungan bergaya hidup sehat seperti tidak merokok dan minum minuman beralkohol. Hasil yang sama juga didapatkan Yokoyama, 2014 (Vegetarian diets and blood pressure: a meta anlysis). Jadi hingga saat ini tidak terbukti vegetarian menyebabkan tekanan darah rendah. Tetapi yang betul, menurunkan tekanan darah.

 

Solusi bagi Vegan

Vegan sebaiknya dimaknai lebih kepada pengendalian diri termasuk mengendalikan diri terhadap apa yang masuk ke dalam tubuh kita. Pada dasarnya tidak ada yang spesial pada diet vegan. Karena itu silakan dilanjutkan diet vegannya. Konsumsi masakan vegetarian rumah tangga adalah yang terbaik. Konsumsi lebih banyak makanan segar dan alami. Semua kebutuhan nutrisi sudah ada di sana.
Saran saya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter (boleh ke dokter saraf atau THT) jika ditemukan keluhan yang baru atau pusing bertambah berat, adanya demam, penglihatan ganda atau malah kehilangan penglihatan, pendengaran, kemampuan bicara, kelemahan tangan dan kaki, penurunan tingkat kesadaran, jatuh atau sulit berjalann dan adanya kesemutan atau mati rasa. Dokter dengan senang hati membantu menjelaskan tentang vertigo pada Pak Adi.

 

dr. I Nyoman Arie Purwana, M.Sc., Sp.A.
Dokter Anak dan Dosen di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa